Selasa, 11 September 2012

OSJUR bikin HANCUR "Briefing 1"

OSJUR . . . Apa sih yang terlintas di benak kalyan saat denger kata itu??? 

Awal kuliah yang di isi dengan hari-hari penuh tugas ospek membuatku GILA??? Tunggu dulu . . . masih ada kegiatan setelah ospek yang akan membuatmu TAMBAH GILA. OSPEK yang dilakukan di awal pertemuan adalah OSPEK FAKULTAS. Saat itu, dah banyak banget keluhan yang keluar dari para maru. Dari mulai tugasnya yang seabrek sampe katingnya yang sadis gila. 

Pengalaman ospekku sih lumayan menakutkan ya. Tugas itu di posting jm 7 malem sedangkan besuk pagi kita udah harus kumpul di kampus jam 6.15. Sekedar ngasih info aja nih. Aku gag ngekos tapi bolak balik dari rumah ke kampus yang itu beda kota, sekitar 25 km lah. Kalo perjalanannya sih butuhin waktu antara 30-45 menitan. 

Gila??? Iya. Setiap malem harus begadang ngerjain tugas. Untungnya ospek itu hanya berlangsung selama 3 hari plus 1 hari minggu untuk senang". Kalo waktu ospek ada kakaknya yang garang banget tapi waktu pengakraban itu sumpah dia udah baik". Udah pada jinak semua. Udah berubah dari setan ke malaikat. Saat itulah aku sadar, itu semua cuma tuntutan profesi. 

Fakultasku memang terbilang Fakultas yang paling sering ngadain kegiatan, apalagi Jurusanku. Hampir tiap minggu kita ada kegiatan. Awalnya sih cuma ikut"an aja karena itu emang wajib buat maru tapi lama kelamaan akhirnya aku menemukan apa manfaat dari kegiatan tersebut. 

1 bulan udah berlalu. Udah lumayan akrab sama temen", udah lumayan kenal sama kakak tingkat n udah lumayan bosen sama dosennya. Rasanya dari 9 mapel itu gag ada 1 pun dosen yang bener" asyik. Kebanyakan cuma pinter buat dirinya sendiri. Inilah salah satu kelemahan pendidikan di Indonesia. Banyak orang pinter tapi mereka cuma pinter buat dirinya sendiri. Emang segitu susahnya ya biar bisa komunikatif?

Udahlah kok malah jadi ngomongin dosen. Disini aku mau cerita tentang satu hal, OSJUR. Ospek jurusan. Kata orang sih ini dia salah satu masa" sulit saat kita jadi mahasiswa, tentunya selain skripsi dan sidangnya. Sebenernya ini gag bakal sulit kalau kating juga gag mempersulit. Tapi mana seru kalau mereka gag sadis? Mungkin itu yang ada di benak mereka. Sumpah ngebosenin banget saat tiba" tau kalo masih ada OSJUR.

Suatu sore yang indah tiba" rusak cuma gara" dengan 1 Jarkoman. Apa isi jarkom itu??? Intinya kating nyuruh kita buat kumpul briefing. Pertamanya sih aku kira cuma kayak kegiatan biasa tapi setelah denger itu buat OSJUR, langsung deh speechless. 

Briefing 1, aku gag ngrti apa" tentang bio dan dua tugas ini cukup bikin aku gila. Gw bukan anak bio, di bio gw cuma tersesat!!! Itu yg ada dipikiranku. Format tugasnya itu semua pakai kata" biologi. Mampus nah loe. Apalagi ketentuannya itu gag umum banget deh. Contoh ya, kertasnya aja letter ato legal, rata kiri kanan tapi gag boleh justified n double spasi, dan msih byak yg lain.

Kita diberi 1 nama spesies, itu sebagai nama kita dan kita harus buat deskripsi tentang itu. Tau gag setelah browsing di google berhari" tetep aja gag ada deskripsi tentang spesiesku. Di saat aku mulai merasa frustasi akhirnya ada sedikit pencerahan. Aku temukan deskripsi spesiesku tapi dalam bahasa Jerman, Indonesia hanya 3 baris, dan Inggris cuma 1 halaman. Padahal minimal 3 halaman. Matilah aku saat itu. 

Hal yang paling mengejutkan adalah ternyata spesies itu termasuk spesies yang hilang. Oooo pantes aku cari bukunya di perpus manapun juga gag ketemu. Udah muter" ke toko buku juga gag ada. Di internet cuma sekilas doang. Memang benar" hilang ni dari manapun. Dan akhirnya setelah kuputuskan akhinya keluarlah jurus andalanku . . .  mengarang bebas!

Aku tuliskan apapun yang aku pikirkan dan akhirnya selesai juga tugas 3 halaman. Pengalaman pertama yang sungguh" menguras emosi dan tenaga . . . Padahal permainan belum dimulai. Masih ada 4 Briefing lagi tiap seminggu sekali dan akan berakhir di PUNCAK ENTOMOLOGI pertengahan bulan OKTOBER nanti . . . Doakan aku ya kawan, semoga aku kuat, osjurku lancar tanpa ada pertumpahan darah . . . #Lebay :D


2 komentar:

  1. Hahahaaa.. semangat vin..!! Aku osjur jek taun ngarep :| Males bayangke ah :v
    Fightiiing!!!

    BalasHapus
  2. Suram awalnya,, indah n seru pada akhirnya kok fik :D

    BalasHapus