Minggu, 23 Januari 2011

NARKOBA


Narkoba merupakan kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat – obatan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif. Baik "narkoba" atau napza, mengacu pada sekelompok zat yang umumnya mempunyai risiko kecanduan bagi penggunanya. Menurut pakar kesehatan narkoba sebenarnya adalah psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioparasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Namun kini presepsi itu disalah gunakan akibat pemakaian yang telah di luar batas dosis.

Hingga kini penyebaran narkoba sudah hampir tak bisa dicegah. Karena saat ini penduduk dunia bisa dengan mudah mendapatkan narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Misalnya saja dari bandar narkoba yang senang mencari mangsa didaerah sekolah, diskotik, tempat pelacuran, dan tempat-tempat perkumpulan genk. Tentu saja hal ini bisa membuat para orang tua, ormas dan pemerintah khawatir akan penyebaran narkoba yang begitu meraja rela.
Upaya pemberantas narkoba pun sudah sering dilakukan, namun masih sedikit kemungkinan untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remaja maupun dewasa. Bahkan anak-anak usia SD dan SMP pun banyak yang terjerumus narkoba. Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba pada anak-anak yaitu dari pendidikan keluarga. Orang tua diharapkan dapat mengawasi dan mendidik anaknya untuk selalu menjauhi Narkoba.
Tidak ada satu keuntungan pun yang kita dapatkan dari mengkonsumsi narkoba dengan dosis tinggi. Bahkan dari segi medis narkoba dapat meracuni sistem saraf pusat (otak), penurunan kualitas berpikir dan daya ingat, merusak berbagai organ vital seperti hati, ginjal, jantung, paru-paru dan sumsum tulang, bisa terjangkit penyakit hepatitis atau HIV/AIDS dan kalau sampai over dosis bisa langsung mati.
            Hidup ini penuh dengan pilihan. Sebagian adalah pilihan yang benar dan sebagiannya lagi adalah salah. Kita bebas menentukan pilihan arah hidup kita. Tapi ingat, yang menyangkut narkoba ada dua pilihan, yakni : HIDUP atau MATI! Tolaklah Narkoba, maka kamu akan menjadi pemenang dalam hidup ini. Sudah terlalu banyak yang berawal dari coba-coba lalu menjadi ketagihan dan malapetaka! Mengapa bisa demikian? Hal tersebut disebabkan karena berbagai alasan, antara lain:
1. Sekali kamu mencoba narkoba, kamu bisa ketagihan seumur hidup.
2. Jalan terbaik menghadapi narkoba adalah tidak mencobanya sama sekali.
3. Sekali kamu ketagihan, akibatnya secara kejiwaan tidak akan hilang seumur hidup.
4. Sekali mencoba akibatnya kamu menjadi budaknya seumur hidup.
Katakan tidak pada narkoba! Mengapa? Karena narkoba dapat merusak generasi penerus bangsa. Katakan tidak pada narkoba. Mengapa? Karena jika kita katakana ya, berarti kita perlahan – lahan menurunkan peringkat manusia diantara makhluk – makhluk yang lain, berarti kita memundurkan peradaban kita dibandingkan mahluk di semesta ini. Katakan tidak pada narkoba. Mengapa? Karena itu perlu. Jika kita memikirkan  ini  hingga ke pokok yang paling   luas. Jadi, katakan tidak pada narkoba. Jangan kita rusak generasi penerus hanya dengan narkoba. Hindari narkoba demi masa depan bangsa. Mari kita galakkan gerakan anti narkoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar